Wednesday, August 9, 2017

Mengenal Bahasa Pascal dan Struktur Program pada Turbo Pascal - Dasar Pemograman

PASCAL - Pascal merupakan pengembangan dari bahasa ALGOL 60, bahasa pemrograman untuk sains komputasi. Tahun 1960, beberapa ahli komputer bekerja untuk mengembangkan bahasa ALGOL, salah satunya adalah Dr. Niklaus Wirth dari Swiss Federal Institute of Technology (ETH-Zurich), yang merupakan anggota grup yang membuat ALGOL. Dia menamainya dengan PASCAL (dari nama Blaise Pascal, ahli matematika dan philosophi terkenal abad 17 dari Perancis). Pascal bersifat data oriented, yaitu program diberi kelulasaan untuk mendefinisikan data sendiri. Pascal adalah bahasa tingkat tinggi yang orientasinya pada segala tujuan. Pascal juga merupakan teaching language (banyak dipakai untuk pengajaran tentang konsep pemrograman). Kelebihan yang lain adalah penulisan kode pascal yang luwes.

A. STRUKTUR PROGRAM PASCAL

Struktur dari suatu program pascal terdiri dari sebuah judul program dan suatu blok program atau badan program. Blok program dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu : bagian deklarasi dan bagian pernyataan.

Secara ringkas, struktur suatu program pascal dapat terdiri dari :
  1.  Judul Program
  2.  Blok program
    a. Bagian deklarasi
    - deklarasi label
    - deklarasi konstanta
    - deklarasi tipe
    - deklarasi variable
    - deklarasi prosedur
    - deklarasi fungsi
    b. Bagian pernyataan
Struktur Minimal Pascal 
Program pascal yang paling sederhana adalah program yang hanya terdiri dari sebuah bagian pernyataan saja.
Begin
End.

Bentuk umum dari bagian pernyataan adalah :
Begin
         Statement;
End . 

Struktur Lengkap (Umum) Pascal 
Jadi secara keseluruhan yaitu setiap program menerima piranti masukan (input) untuk melakukan sebuah proses dan menghasilkan piranti keluaran (output). Berikut ini adalah contoh yang menggunakan Pascal. Contoh program yang tidak menerima masukan juga tidak ada proses tertentu dalam setiap pernyataan hanya menghasilkan keluaran yang menampilkan kumpulan karakter (string) dilayar.


HASIL DAN PEMBAHASAN 

Contoh Program 1.1 Program menulis beberapa karakter (string) 
PROGRAM Hallo;                                                                                                   (*Judul*) {menuliskan beberapa karakter (string) ke piranti keluaran}
BEGIN
             writeln (‘Hallo, SELAMAT DATANG!!!’);                                               {Pernyataan}              write (‘Anda sedang menggunakan Pascal’);                                             {Pernyataan}  
             readln;
END.

Hasil Tampilan Pada Layar ;
Hasil Tampilan Pada Layar Dari Menulis Beberapa Karakter (string)
Analisa Program:
  •  Judul program selalu terletak di awal program dan diakhiri tanda (;). 
  • Setiap statement selalu diakhiri tanda (;) yang merupakan pemisah untuk setiap instruksi.
  • Baris komentar yang ditampilkan diletakkan diantara tanda (‘ dan ‘) akan dibaca dan ditampilkan. 
  • Sedangkan komentar yang ditampilkan dalam tanda (* dan *) atau diantara tanda { dan } sehingga seluruh teks yang ada didalamnya tidak akan dibaca atau dikompilasi. 
  • Begin merupakan perintah yang berfungsi untuk memulai suatu program. 
  • Perintah writeln (write line) setelah menuliskan parameter di layar, kursor penulisan akan lansung pindah ke baris di bawahnya sehingga hasil yang dicetak berikutnya akan ditampilkan pada baris yang berbeda. 
  • Perintah write hanya menuliskan parameter saja, tanpa pindah baris sehingga tampilan berikutnya akan disambung dalam baris yang sama. 
  • Perintah readln (read line) digunakan untuk membaca/menampilkan keseluruhan dari pernyataan yang telah dibuat dan posisi kursor berpindah selanjutnya setelah membaca input.
  • End merupakan perintah untuk mengakhiri suatu program dan diakhiri penulisannya dengan tanda titik ( . ).
  • Program ini tidak menerima masukan juga tidak ada proses tertentu dalam setiap pernyataan hanya menghasilkan keluaran yang menampilkan kumpulan karakter (string) dilayar yaitu mencetak :
Hallo, SELAMAT DATANG!!!
Anda sedang menggunakan Pascal
Program berikutnya yaitu program yang menggunakan perintah write dan writeln. Pada dasarnya kedua perintah ini mempunyai kegunaan yang sama yaitu menuliskan/menampilkan isi dari suatu nilai variabel, parameter atau prosedur ke layar. Perbedaannya hanya pada pada pemindahan posisi kursor setelah penulisan. Perintah writeln (write line) setelah menuliskan parameter di layar, kursor penulisan akan lansung pindah ke baris di bawahnya sehingga hasil yang dicetak berikutnya akan ditampilkan pada baris yang berbeda. Perintah write hanya menuliskan parameter saja, tanpa pindah baris sehingga tampilan berikutnya akan disambung dalam baris yang sama.

Pada dasarnya perintah yang terdapat pada kedua program ini sama dengan program 1.1 namun ada beberapa penambahan fungsi pada program 1.2 yaitu menggunakan unit. Suatu unit adalah kumpulan dari konstanta, tipe-tipe data, variable, prosedur dan fungsi-fungsi. Tiap-tiap unit tampak seperti suatu program Pascal yang terpisah. Unit standar sudah merupakan kode mesin (sudah dikompilasi), bukan kode sumber Pascal lagi dan sudah diletakkan di memori pada waktu menggunakan pascal. Untuk menggunakan suatu unit, harus diletakkan suatu anak kalimat Uses diawal blok program, diikuti oleh daftar nama unit yang digunakan.

Pada program tersebut terdapat unit crt yang digunakan untuk memanipulasi layer teks, peletakan kursor di layar, serta penambahan color untuk teks. Lalu diikuti penulisan clrscr yang berfungsi untuk membersihkan layar sehingga yang tampil hanya hasil dari program. Bandingkan antara program 1.2 dengan program 1.3 maka terlihat perbedaan dari penggunaan unit ini.

Contoh Program 1.2 Program menjumlahkan dua buah bilangan yang sudah terdefinisi dan menampilkan hasilnya di layar
Program Penjumlahan;
Uses
       crt;                          {unit yang harus disertakan jika ingin menambahkan perintah clrscr}
begin
       clrscr;                     {perintah untuk membersihkan layar}
       writeln('Penjumlahan dua bilangan');
       write('6+4');           {angka berupa string, dianggap huruf}
       write('=');
       write(6+4);            {angka berupa numric, dianggap perhitungan}
       readln;
end.

Hasil Tampilan Pada Layar ;
Hasil Tampilan Program Penjumlahan Dua Buah Bilangan Yang Sudah Terdefinisi
Analisa Program : Pada program 1.2 yang merupakan program penjumlahan dua buah bilangan, karakter angka yang berupa string akan dianggap sebagai huruf sehingga tampilan pada layar akan sama seperti penulisan pada program namun tanpa menggunakan tanda kutip tunggal. Penulisan (‘6+4’) dan (‘=)’ akan ditampilkan sebagai 6+4=. Hasilnya bisa dilihat pada gambar contoh program 1.2. Lalu, ada pula penulisan operasi penjumlahan tanpa menggunakan tanda kutip tunggal, maka hal itu akan dianggap sebagai sebuah perhitungan yang hasilnya akan ditampilkan pada program. Pada program 1.2, operasi dari (6+4) ditampilkan pada layar sebagai hasil penjumlahan kedua bilangan itu yaitu 10.

Contoh Program 1.3 Program menuliskan nama lembaga dan alamatnya
PROGRAM Tulis_alamat;
BEGIN
           writeln('Teknik Informatika');
           write('Fakultas Teknik');
           writeln('Universitas Siliwangi');
           writeln; write('Jl. Siliwangi No. 24 Tasikmalaya');
           readln;
END.

Hasil Tampilan Pada Layar ;
Hasil Program Menuliskan Nama Lembaga Dan Alamatnya
 Analisa Program : Pada program 1.3, penulisan Fakultas Teknik yang menyatu dengan Universitas Siliwangi dikarenakan perintah write yang mendahului perintah writeln pada program. Penulisan Fakultas Teknik menggunakan perintah write sedangkan Universitas Siliuwangi menggunakan perintah writeln. Lalu penulisan writeln yang tanpa diikuti penulisan string akan menyebabkan spasi yang kosong sehingga penulisan alamt pun terpisah satu baris kosong. Hasilnya bisa dilihat pada gambar contoh program 1.3.

LATIHAN
  1. Buatlah sebuah program yang menghasilkan keluaran nama, NPM, dan kelas anda! 
  2. Buat program dalam bahasa Pascal yang menghasilkan keluaran di layar dengan menggunakan perintah write/writeln!
             *
          * * *
       * * * * *
    * * * * * * * 
  3. Buat program untuk menampilkan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian dua bilangan!
    Contoh tampilan
    ***Program Hitung***
            120+12=132
            120-12=108
            120x12=1440
            120/12=10.00 
JAWABAN : 

1.  Program dengan keluaran nama, NPM, dan kelas
Program Keluaran Nama, NPM, KLS
Hasil Tampilan Pada Layar ;
Hasil Dari Program Keluaran Nama, NPM, KLS
Hasil Dari Program Keluaran Nama, NPM, KLS.
2. Program Keluaran  
         *
      * * *
   * * * * *
* * * * * * *
Program Keluaran Bintang Piramid
Hasil Tampilan Pada Layar ;
Hasil Tampilan Program Keluaran Bintang Piramid
Hasil Tampilan Program Keluaran Bintang Piramid
3. Program Hitung
Program Hitung
Hasil Tmpilan Pada Layar ;
Hasil Tampilan Dari Program Hitung
Hasil Tampilan Dari Program Hitung
Demikian itulah pembahasan Dasar Pemograman mengenai Pengenalan Bahasa Pascal dan Struktur Program pada Turbo Pascal yang dapat saya sampaikan. Semoga informasi yang di berikan dapat bermanfaat dan membantu anda yang sedang mempelajari Bahasan Dasar Pemograman mengenai Pascal. Selain dari itu juga, Anda dapat mengetahui dan memahami penggunaan komponen-komponen dasar pada pascal, kemudian dapat menggunakan perintah dasar dari penulisan dalam membuat program. Sekian dan terimakasih, mohon maaf jika terdapat kesalahan kata atau penulisan pada informasi di atas.

Sumber :  Laporan Praktikum Danny Kurnaman Armanta - Dasar Pemograman